Mengenal Linux Ubuntu

Operating System Linux adalah salah satu alternatif dari operating system yang sudah dikenal seperti MS Windows dan Apple Macintosh OS. Keunggulan dari Linux adalah “serba bebas” sebagai berikut
  1. Bebas kode sumber / open source : kalau anda punya kemampuan dan keahlian, anda bisa mendapatkan kode sumber dan selanjutnya bisa memodifikasi sesuai dengan keinginan anda.
  2. Bebas Biaya / Gratis : anda bebas menginstall dan memperbanyak tanpa perlu takut melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)
  3. Bebas Virus : hingga saat ini sangat jarang ditemui virus under Linux kalau under Windows … jangan ditanya lagi jumlahnya
  4. Bebas melakukan kastemisasi, anda bisa dan boleh melakukan perubahan apapun terhadap tampilan Linux anda tanpa perlu minta ijin terlebih dahulu kepada siapapun. Beberapa turunan Ubuntu yang terkenal karena kastemisasi adalah BlankOn (Ubuntu versi Indonesia) dan Sabily (Ubuntu versi Islam)
  5. Bebas driver : hampir semua perangkat keras komputer saat ini telah dikenali dengan baik oleh Linux, anda tidak perlu menginstall satu persatu driver perangkat keras seperti pada saat anda install Windows.
  6. Bebas install aplikasi standar : berbeda dengan pada saat install Windows pertama kali, pada saat anda menginstall Linux (ex Ubuntu), anda telah disediakan aplikasi tanpa perlu install sendiri seperti : aplikasi Office (Open Office), pdf reader, disk burner, scanner, dll.
  7. Bebas membuka file yang dibuat di MS Windows seperti : Word, Excell, PowerPoint, gambar (jpg, dll), MP3, dll tanpa perlu konverter khusus. Bahkan anda dapat membuka folder pada partisi Windows pada satu komputer atau dalam jaringan. Hebatnya lagi, file MS Office 2007 (docx, xlsx) dapat dibuka oleh Open Office, sedangkan apabila yang terinstall di komputer anda adalah MS Office 2003, file tersebut tidak akan bisa dibuka walaupun anda merengek-rengek. Anda harus membayar untuk mengupgrade MS Office 2003 ke MS Office 2007 atau nanti MS Office 2010 dan selanjutnya atau anda akan selamanya menjadi pembajak dengan menginstall MS Office 2007 bajakan ? Hal mana anda tidak perlu membayar lagi dan tidak melanggar HAKI untuk mengupgrade Ubuntu atau Open Office.
Nah saat ini, karena serba bebas tersebut telah banyak bermunculan distribusi Linux (lebih dikenal dengan nama Distro) di dunia. Adapun distro populer saat ini adalah : Ubuntu, Fedora, Mint, OpenSuse, Debian, PCLinuxOS dan Mandriva. Mana yang paling baik ? Tidak ada yang bisa menjawabnya, karena tergantung kebutuhan masing-masing.
Kalau anda akan mempergunakan Ubuntu sebagai OS, anda tidak salah karena berdasarkan informasi distrowatch, Ubuntu adalah distro terpopuler di dunia. Oleh karena itu, kalau anda memutuskan untuk mulai mempergunakan Ubuntu maka anda telah melakukan keputusan yang sangat tepat.
Kenapa ? Disamping distro terpopuler, Ubuntu adalah distro yang telah menyediakan berbagai aplikasi gratis untuk diinstall dan didukung oleh komunitas Ubuntu di Indonesia yang dapat membantu mengatasi apabila ada permasalahan.
Bagaimana cara mendapatkan CD Install Ubuntu ? Anda bisa memesan langsung dari Canonical melalui shipit ubuntu, namun perlu waktu kurang lebih 2 bulan untuk mendapatkannya. Beberapa situs menjual CD dengan harga sangat murah dan pembayaran yang praktis seperti di Juragan Kambing UI atau Toko Linux Baliwae atau bisa minta copy dari rekan-rekan anda terdekat, sekali lagi anda tidak akan melanggar HAKI.
Pada tahap awal, anda bisa belajar mempergunakan Ubuntu tanpa menginstall di harddisk terlebih dahulu atau lebih dikenal dengan Live CD. Syaratnya adalah BIOS komputer anda harus telah disetting dimana pada saat booting, komputer akan mendahulukan melihat apakah ada CD installer di CD Drive (default komputer biasanya seperti ini).
Apabila telah familiar, anda dapat menginstall Ubuntu berdampingan dengan Windows sehingga komputer anda memiliki 2 operating system. Anda dapat memilih OS yang akan dipergunakan pada saat booting apakah ke Windows atau ke Ubuntu. Sebelum menginstall Ubuntu di harddisk, saya sangat menyarankan agar anda dapat mem-backup seluruh data dan driver perangkat keras Windows. Kenapa ?
  1. Installasi Ubuntu tidak bisa dikembalikan ke semula, karena partisi Linux Ubuntu dengan Windows berbeda.
  2. Antisipasi apabila ternyata CD Ubuntu atau harddisk bermasalah yang dapat berakibat tidak sempurnanya installasi dan justru merusak sistem Windows.
Semoga bermanfaat.

credit: http://keluargautama.wordpress.com

0 komentar: